Yu Kenang Sejarah Maritim Di Monkasel Surabaya

 

Yu Kenang Sejarah Maritim Di Monkasel Surabaya

Kalau biasanya monumen berupa benda atau tokoh yang dibuatkan patungnya, Surabaya memiliki monument unik yang merupakan kapal asli milik TNI yang pernah beroperasi dan berperan dalam menjaga kemerdekaan. Namanya Monumen Kapal Selam (Monkasel), mau tahu seperti apa monument tersebut dan bagaimana sejarahnya?

 

Yu Kenang Sejarah Maritim Di Monkasel Surabaya

Sewa Bus Pariwisata, Maksimalkan Penjelajahan Anda

Untuk mencapai lokasi Monkasel sangatlah mudah, bisa dengan kendaraan umum, atau kendaraan pribadi. Tapi kalau Anda berencana untuk membawa rombongan sekolah atau keluarga besar berwisata ke sana, sebaiknya pakai jasa sewa bus pariwisata apalagi kalau Anda baru pertama kali ke Surabaya, selain praktis juga hemat waktu dan biaya tentunya. Setelah itu mulailah menjelajahi Monkasel.

Dilihat dari luar kapal ini memang terlihat gagah dengan panjang mencapai 76,6 meter dan lebarnya 6,3 meter dan diberi perpaduan warna hitam dan hijau. Anda bisa masuk ke kapal yang dibeli dari Rusia tahun 1952 dan mulai aktif digunakan pada tahun 1962 tersebut, melalui tangga besi yang disediakan, dan mulailah menjelajahi sejarah di dalamnya.

  • Kapal yang dinamakan KRI Pasopati 410 ini menjadi salah satu bukti keperkasaan TNI pada beberapa momen seperti Operasi┬áNatuna Jaya, Operasi Trikora, dan Pertempuran Laut Aru. ┬áSama halnya dengan keperkasaan jasa sewa bus yang sudah menemani perjalanan Anda menuju lokasi tersebut.
  • Ada tujuh ruangan yang ada di dalam Monkasel yang terletak di Jalan Pemuda Nomor 29 Surabaya ini. mulai dari ruang I yang dijadikan ruang bongkar muat torpedo, kemudian ada ruang II merupakan ruangan makan, lounge yang digunakan oleh perwira. Ruang III adalah tempat pusat informasi tempur.
  • Ruang IV merupakan ruang bagi Anak Buah Kapal (ABK) untuk bekerja dan beristirahat, lalu Ruang V sebagai tempat untuk penyimpanan pesawat bantu dan kendalinya, serta motor diesel, kemudian Ruang VI yang merupakan ruang kelistrikan dengan dua generator listrik utama yang berfungsi memutar baling dan mengisi baterai, dan Ruang VII merupakan ruang buritan
  • Pada ruang kendali terdapat periskop yang dahulu digunakan sebagai alat intai musuh di dasar laut, Anda bisa mencoba menggunakan walau kondisi kacanya sudah buram karena termakan usia.

Setelah menyibak sejarah yang ada dalam Monkasel, pastinya akan ada kenangan berkesan saat Anda berada di dalam kapal. Sekarang saatnya Anda untuk melanjutkan perjalanan dengan jasa sewa bus pariwisata ke lokasi-lokasi menakjubkan lainnya di Kota Surabaya. Selamat berwisata semoga happy.

COMMENTS