Inilah 4 Perbedaan Antara Poster dan Brosur yang Harus Kamu Tahu

Inilah 4 Perbedaan Antara Poster dan Brosur yang Harus Kamu Tahu

Ternyata sebagian besar orang masih bingung untuk membedakan antara poster dan brosur, memang benar keduanya merupakan salah satu cara atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi, masing-masing berupa kertas yang di dalamnya mengandung informasi dengan penyajian yang jelas dan ringkas. Bentuk informasi di dalam poster dan brosur juga kurang lebih sama, bisa sama-sama berisi informasi pendaftaran sekolah, informasi makanan, informasi kursus dan masih banyak lagi jenis lainnya. Namun ternyata keduanya memiliki ukuran yang berbeda-beda, poster ada yang berbentuk kertas print a1 sedangkan brosur menggunakan kertas  dengan ukuran yang lebih kecil.

4 Perbedaan Poster print a1 dan Brosur

Perbedaan Antara Poster dan Brosur

Jika kamu masih belum bisa membedakan antara poster dan brosur, 4 ciri-ciri perbedaan ini bisa dijadikan acuan :

1. Ukuran poster dan brosur

Ukuran poster dan brosur sangat jelas berbeda, ukuran poster yang umum jumpai di sekitar kita terbagi menjadi beberapa bagian yaitu ukuran A4, A3, A2, dan A1. Untuk harga print a1 per lembar yang paling mahal, kamu harus merogoh kocek kurang lebih Rp 50.000 per lembar. Namun ada juga ukuran poster yang cukup besar yaitu ukuran poster B1 dan ukuran poster B2. Sedangkan brosur memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu A3, A4, A5 dan A6.

2. Tempat penyebarannya

Perbedaan kedua yang ada pada poster dan brosur adalah tempat penyebarannya. Poster sering sekali kita jumpai di tempat umum dan biasanya ditempelkan di dinding atau di papan informasi. Sedangkan brosur biasanya dibagikan juga di tempat umum atau ruangan dalam bentuk selebaran, tidak terpasang di dinding atau di papan pengumuman karena bentuknya yang kecil. Brosur juga sering digunakan sebagai selebaran informasi dari produk yang kamu beli.

3. Bentuk-bentuknya

Poster pasti berbentuk selebaran yang memanjang atau lebar dengan menggunakan kertas print a1, a2, a3, a4 dan lainnya, sedangkan brosur tidak hanya berbentuk selebaran saja, namun bisa juga dilipat dengan teknik lipat tertentu yang rapi.

4. Informasi yang disajikan

Biasanya poster bisa kita lihat walaupun kita dalam keadaan berjalan menggunakan kendaraan, informasi yang disajikan sangat singkat namun jelas. Adapun brosur sering kita jumpai langsung dengan isi yang lebih panjang dan detail, namun tenang saja isi tetap di baca karena brosur biasanya langsung kita miliki dan bisa dibawa pulang.

Dari penjelasan di atas maka kamu akan tahu perbedaan-perbedaan antara poster dan brosur, selain perbedaan di atas harganya juga sangat berbeda, harga jasa print warna a1 per lembar pada poster lebih mahal dibanding harga a3 atau a5 pada brosur.

COMMENTS