Anda Berminat Menjadi Seorang Drafter Konstruksi? Simak Disini Ulasan Lengkapnya!

Anda Berminat Menjadi Seorang Drafter Konstruksi? Simak Disini Ulasan Lengkapnya!

Anda pasti tahu mengenai pekerjaan drafter pada konstruksi kan? Ya, drafter ini merupakan salah satu pekerjaan penting yang ada di dunia konstruksi yang berhubungan dengan gambar teknik. Bahkan beberapa ahli konstruksi berpendapat bahwa kesuksesan dari proses konstruksi juga berasal dari kemampuan drafternya dalam menuangkan ide dan perhitungan pada gambar teknik. Untuk menjadi seorang drafter anda tidak hanya dituntut untuk sekedar jago gambar saja namun juga harus memiliki perhitungan yang benar-benar matang, karena jika anda tidak bisa memadukan keduanya maka antara gambar dan realitanya nanti akan sulit terlaksana di lapangan.

Drafter, Profesi Penting di Dunia Kontruksi yang Tidak Dapat Dilewatkan!

Berminat menjadi seorang drafter? Jika iya, maka sebaiknya anda tidak main-main di profesi yang satu ini. Biasanya seorang drafter yang berkerja di suatu proyek konstruksi berasal dari latar pendidikan teknik sipil, teknik arsitektur, atau sekolah kejuruan teknik. Profesionalisme suatu drafter dapat dinilai dari durasi pengerjaan gambar, tingkat keakuratan gambar, serta teknik gambar yang diterapkannya. Selain itu, seorang drafter yang profesional rata-rata bergabung dengan perusahaan kontraktor seperti kontraktor interior Jakarta dimana menurut mereka akses untuk mendapatkan tawaran suatu proyek akan lebih mudah.

Mulai tertarik dan penasaran dengan apa saja tugas drafter kontraktor yang harus di jalankan oleh  di suatu proyek konstruksi? Simak ulasan berikut ini!

  1. Membuat rancangan gambar teknik untuk proyek konstruksi yang akan berlangsung, dalam hal ini seorang drafter sangat dituntut kepiawaian untuk mengelola ide dan perhitungannya dalam sebuah gambar teknik. Biasanya untuk sebelum merancang gambar terlebih dahulu drafter harus menghitung berapa luasan lahan, serta berapa banyak ruang yang akan di bangun nantinya. Untuk mendapatkan perhitungan pada gambar juga drafter harus pandai berkomunikasi dengan ahli teknik dilapangan agar hasilnya nanti sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Piawai menggunakan alat gambar dan software gambar, dalam dunia teknik sipil anda harus paham mengenai alat gambar teknik dan juga software pendukungnya seperti autocad. Untuk saat ini biasanya banyak drafter yang lebih memilih menggunakan software ketimbang cara manual, karena dinilai akan mempermudah perubahan jika ada revisi nantinya.
  3. Menjelaskan gambar yang dibuat kepada pelaksana dilapangan, jangan berpikir tugas seorang drafter akan berakhir sampai di tahap menggambar saja, karena hal lain seperti menjelaskan hasil gambar rancangan kepada pelaksana di lapangan adalah salah satu tugas drafter juga. Anda harus paham betul mengenai gambar yang anda buat beserta perhitungan yang sebelumnya sudah anda diskusikan kepada ahli teknik.

Bagaimana menurut anda? Tertarik untuk menjadi seorang drafter? Memang seorang drafter termasuk pekerjaan yang banyak diminati dan terkesan hebat dimata banyak orang tapi anda juga harus memiliki intuisi dalam penuangan ide gambar dan perhitungan yang tepat. Tugas drafter kontraktor tidaklah semudah yang anda bayangkan, jika anda kurang teliti dan banyak melakukan kesalahan dalam proses gambar teknik maka kredibilatas anda dapat dengan mudah diragukan. Jika anda tertarik dengan apa yang dilakukan oleh seorang drafter maka anda juga dapat mengunjungi kontraktor interior yang didalamya tentunya berisi drafter profesional dengan jam tayang yang tinggi.

COMMENTS